« Kembali

Fasilitasi Pameran Kelompok Seni Rupa 2018

Tgl Tayang : Jumat, 5 Jan 2018 s/d Senin, 5 Feb 2018 Dilihat : 3010 kali

 

LATAR BELAKANG

Perkembangan seni dan konten seni di Indonesia khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam beberapa dasawarsa ini mengalami perkembangan yang sangat baik. Secara signifikan, Yogyakarta bahkan tercatat sebagai wilayah yang memberikan konstribusi tertinggi dalam berbagai lini seni dan konten seni di Indonesia. Mulai dari cabang Seni Pertunjukan, Seni Rupa, Seni Media Rekam, Seni Kolaboratif maupun alternatif konten seni lainnya. Yogyakarta juga juga banyak melahirkan karya masterpiece dari para maestro seni yang disejajarkan di tingkat dunia.

Di bidang seni rupa, Yogyakarta telah diakui sebagai salah satu barometer seni rupa di Indonesia. Perkembangan seni rupa kontemporer hari ini begitu dinamis dan telah cukup diperhitungkan di kancah dunia. Banyak perupa, kurator, dan galeris asal Yogyakarta yang telah berkiprah di tingkat Internasional. Begitu juga keikutsertaan seniman-seniman muda dari ruang-ruang alternatif di Yogyakarta dalam perhelatan seni rupa dunia cukup aktif dan menggembirakan. Hal ini tentu saja menjadi kebanggaan kita bersama dan sekaligus menjadi catatan penting bahwa peran dan dukungan pemerintah dalam pengembangan seni rupa di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah suatu tindakan strategis.

Peran pemerintah dalam hal ini berhubungan dengan peningkatan kualitas praktek seni rupa yang berlangsung di DIY, memperluas sebaran aktivitas seni rupa di wilayah DIY dan memfasilitasi adanya transfer informasi dan wacana seni rupa baik di antar wilayah maupun kelompok seni rupa di lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Seksi Seni Rupa Dinas Kebudayaan DIY pada tahun 2018 membuka kesempatan bagi kelompok seni rupa untuk mendapatkan fasilitasi penyelenggaraan pameran. Seksi Seni Rupa Dinas Kebudayaan DIY menaungi bidang seni rupa, yang secara terminologis adalah terjemahan dari seni visual (visual art), sehingga jika dijabarkan, maka area / wilayah kerjanya meliputi bidang seni murni (patung, lukis, grafis), desain, kriya, fotografi, instalasi maupun seni media baru. Dari uraian tersebut, maka yang dimaksud dengan pameran, dalam hal ini adalah output secara visual dari bidang-bidang seni rupa seperti dijelaskan di atas. Tidak menutup kemungkinan bentuk pameran merupakan lintas bidang atau kolaborasi. Tahun 2018 ini, kami menyediakan anggaran fasilitasi pameran bagi 20 kelompok terpilih sebesar Rp. 33.470.000,-/ kelompok (potong pajak). Duapuluh (20) kelompok tersebut akan dipilih melalui seleksi yang di lakukan oleh tim kurator yang ditunjuk oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Bentuk fasilitasi berupa bantuan dana untuk cetak katalog, sewa tempat pameran, sewa mobil operasional, konsumsi pembukaan pameran, dan honorarium penulis, penjaga pameran, crew display, dan 5 perupa.  Dukungan dana tersebut dapat didapatkan melalui usulan kegiatan pameran kelompok melalui Seksi Seni Rupa Dinas Kebudayaan DIY. Pameran yang dapat difasilitasi adalah pameran yang dilaksanakan pada rentang waktu bulan Maret - November 2018. Tenggang waktu pendaftaran adalah 5 Januari – 5 Februari 2018 pada jam kerja.

 

MANFAAT

1.    Terfasilitasinya pameran seni rupa dari kelompok-kelompok seni rupa yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui proses seleksi oleh Tim Kurator.

2.    Peningkatan kualitas praktek seni rupa yang berlangsung di DIY

3.    Memperluas sebaran aktivitas seni rupa di wilayah DIY

4.    Memfasilitasi adanya transfer informasi dan wacana seni rupa

 

SASARAN

20 Kelompok Seni Rupa yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

SYARAT DAN KETENTUAN

1.   Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan.

2.    Formulir dapat di unduh di www.tasteofjogja.org, mulai dari tanggal 5 Januari – 5 Februari 2018

3.    Kelompok yang dapat mengikuti seleksi adalah kelompok  yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

4.    Kelompok minimal terdiri dari 5 perupa.

5.    Pameran yang difasilitasi dilaksanakan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta pada rentang waktu Maret – November 2018.

6.    Pendaftaran menggunakan proposal yang dilampiri formulir.

7.   Proposal dan kelengkapannya diajukan ke Seksi Seni Rupa Dinas Kebudayaan DIY berupa hardcopy sebanyak empat (4) rangkap.

              Softcopy dikirimkan via email ke senirupa.disbuddiy@gmail.com.

8.    Pengumuman kelompok terpilih pada tanggal 19 Februari 2018 di www.tasteofjogja.org.

9.    Kelompok terpilih bersedia mengikuti coaching  dengan Tim Kurator.

10.  Kelompok terpilih bersedia memenuhi administrasi dengan sistem non tunai.

11.  Kelompok terpilih yang sudah menyelenggarakan pameran wajib melaporkan dana   fasilitasi yang telah digunakan dalam kegiatan.

12. Kelompok terpilih yang sudah menyelenggarakan pameran wajib mengumpulkan laporan kegiatan, video dan foto dokumentasi paling lambat 2 minggu setelah kegiatan selesai.

 

KURATOR

1.    Dr. Edi Sunaryo, M.Sn

2.    Bambang Witjaksono, M.Sn

3.    Terra Bajraghosa, M.Sn

 

SUMBER PENDANAAN

Seluruh pembiayaan yang muncul dalam kegiatan ini didanai dengan Dana Keistimewaan melalui Dinas Kebudayaan DIY.

 

CONTACT PERSON | NARAS (0813 257 39137)

Bagikan :

PENGUMUMAN LAIN Lihat Semua

...
24 Apr 2018 - 31 Jul 2018

Antologi Sastra lan Budaya Jawa

22 Mar 2018 - 31 Mar 2018

DAFTAR PESERTA LOLOS SELEKSI PROPOSAL KOMPETISI PENULISAN NOVAL JAWA DINAS KEBUDAYAAN DIY

19 Feb 2018 - 28 Feb 2018

Pada tanggal 5 Januari – 5 Februari 2018, Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta melalui website dan media sosial telah mengundang kelompok-kelompok seni rupa di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengirimkan Proposal Fasilitasi Pameran Kelompok

Kontak

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta
Jl. Cendana 11 Yogyakarta 55166
Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945

Newsletter

Selalu dapatkan informasi terbaru dari kami, dengan berlangganan melalui email

Copyright © 2017 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa yogyakarta