« Kembali

Kesenian Wayang Cakruk sebagai Media Penyuluhan Sosial

Tanggal : Kamis, 26 Juli 2018 Dilihat : 151 kali

Penyuluhan sosial dengan media peragaan oleh Dinas Sosial ProvinsiDIY menampilkan wayang cakruk dilangsungkan Rabu malam 25/7/2018 di pedukuhan04 Tinggen,Srigading,Sanden,Bantul.

Menurut Sukiyatno spd Salah satu panitia yg berhasil ditemuimenjelaskan bahwa acara ini dikemas dengan media peragaan yang bernuansa keseniansehingga diharapkan menarik minat masyarakat untuk menghadiri penyuluhantersebut.dan terbukti dengan banyaknya warga yang datang menyaksikan pementasantersebut.

Dibuka dengan penampilan tarian yang dibawakan warga setempatdilanjutkan sambutan dari pemerintah desa oleh lurah desa Srigading WahyuWidada SE.sementara dari Dinas sosial diwakili oleh  Heru Gondomono dilanjutkan pementasan wayangcakruk oleh Dalang Ki Marno Purbo Carito dari Gunungkidul.

Penyuluhan tentang berbagai masalah sosial dimasyarakat yang dikemasdengan pementasan kesenian wayang cakruk tersebut cukup menarik perhatianpenonton.apalagi dengan adanya penampilan bintang tamu dengan menyisipkan lagudan dialog yang lucu dan menghibur.

Cara penyampaian informasi ataupun penyuluhan yang dibalut dengan pementasanseni budaya tampaknya bisa jadi solusi agar lebih menarik dan mengena sehinggapesan yang disampaikan bisa lebih mudah diterima oleh masyarakat.(Bogers)

Bagikan :

BERITA LAIN Lihat Semua

20 Agt 2018

Kegemaran sejak kecil, dan menekuni wayang golek, Trisno Santoso berupaya mengangkat wayang golek yang dianggap kurang glamour (gemerlap), kurang menarik, karena panggungnya, lampunya kurang terang, dibandingkan dengan wayang kulit. Trisno menyadari bah

20 Agt 2018

Wayang golek dulu masih terselimuti tabu. Orang yang nanggep atau mementaskan wayang golek dan punya kerja, dianggap mengakibatkan melarat. Trisno, yang sejak kecil menggemari wayang golek, dan telah menekuni wayang golek, ingin menepis anggapan itu bahwa

...
16 Agt 2018

MMG (Muda Mudi Gunting) sedangproses mempersiapkan diri untuk berpartisipasi pada kegiatan Festival Takbir,tanggal 21 Agustus 2018, di Gedongsari, Gesikan, Bantul. Persiapan sudahdilakukan sejak takbiran Idul Fitri, 3 bulan yang lalu dengan menggelarfesti

Kontak

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta
Jl. Cendana 11 Yogyakarta 55166
Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945

Newsletter

Selalu dapatkan informasi terbaru dari kami, dengan berlangganan melalui email

Copyright © 2017 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa yogyakarta