« Kembali

"Wargo Budoyo" menjaga eksistensi kesenian tradisional

Tanggal : Sabtu, 18 Mei 2019 Dilihat : 530 kali

“Wargo Budoyo” Menjaga ExistensiSeni Tradisional Kethoprak

SeniTradisi Kethoprak merupakan jenis seni drama tradisional,  Jenis kesenian tersebut berkembang sangatpopular di masyarakat Jawa pada umumnya, karena secara historys keseniankethoprak  berkembang di wilayah Jawa.

Seni pertunjukan kethoprakmengandung berbagai unsur dan nilai nilai budaya yang pada perkembanganya harusmampu bersaing dengan seni modern. Dalam sebuah pertunjukan kethoprak tersebutterdapat berbagai unsur yang diantaranya adanya unsur seni rupa, seni kriya, senitari, seni theater , sastradll.  Jugaterdapat beberapa unsur ataupun nilai nilai budaya yang di dalam kehidupanbermasyarakat dapat dijadikan sebagai teladan antara lain adanya tatananBahasa, adat istiadat, perilaku maupun unggah ungguh. Oleh karena itu Keseniankethoprak memiliki daya tarik tersendiri dan dapat di jadikan sebagai saranaEdukasi bagi penikmatnya.

Pada Jum’at 17/05 malam, sebagianwarga masyarakat Dusun Ceme , Srigading sangat antusias melakukan  latihan peran, kegiatan tersebut  dalam  rangka persiapan pementasan di bulan Junimendatang.  Warga yang tergabung dalamsatu wadah dengan nama Wargo Budoyomerupakan bentuk real dalam turut serta menjaga eksistensi kesenian kethoprak.

Di era modern seperti  saat ini perlu di upayakan agar kesenian yangbersifat tradisional tersebut bisa mendapatkan fasilitas dan ruang untuk dipentaskan, hal tersebut akan menjadi sebuah sarana berekspresi bagi masyarakatyang mencintai budaya atau seni tradisional kethoprak.

Untuk perkembangan lebih lanjutseni kethoprak harus mampu menciptakan sebuah kesenian yang dapat dinikmatioleh seluruh lapisan masyarakat dan mampu meregenerasi pemain sehingga keseniantersebut tidak cepat ditelan oleh jaman.(Mr)

 

Bagikan :

BERITA LAIN Lihat Semua

...
21 Jun 2019

Audisi hari keduaMelbourne Symphony Orchestra (MSO) 2019 kembali digelar hari ini tanggal 21Juni 2019, masih dengan formasi tim juri yang sama yaitu Drs I G. N. WiryawanBudhiana, M.Hum, Fajar Ganif, S.Pd, Drs. Agustianto, M.Pd, Drs. AgoengPrasetyo, M.Sn d

...
20 Jun 2019

Setelah memilih peserta yang mewakili DIY melalui Kegiatan Seleksi Lawatan Sejarah (6 April - 2 Mei 2019), kini Dinas Kebudayaan DIY mendampingi para peserta untuk mengikuti Seleksi Lawatan di tingkat Regional. Seleksi Lawatan Sejarah tingkat regional

...
20 Jun 2019

Konser Youth MusicCamp-Melbourne Symphony Orchestra  akandilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2019. Konser tersebut melibatkan pelajardari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Melbourne Symphony Orchestra. Pelajartersebut dipilih menggunakan sistem audisi. Aud

Kontak

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta
Jl. Cendana 11 Yogyakarta 55166
Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945

Newsletter

Selalu dapatkan informasi terbaru dari kami, dengan berlangganan melalui email

Copyright © 2017 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa yogyakarta