« Kembali

KAMUS (KAMIS MUSEUM) : Baju Penjara KHD (Ki Hadjar Dewantara)

Tanggal : Kamis, 23 Mei 2019 Dilihat : 512 kali

Salam dan Bahagia!Apa kabar Sahabat Museum??Bertemu lagi dengan KaMus (Kamis Museum) yang akan mengulas koleksi masterpiece di MDKG (Museum Dewantara Kirti Griya)Baju Penjara KHD (Ki Hadjar Dewantara). Baju penjara tersebut merupakan bukti perlawanan agitasi khas KHD kepada Belanda karena Belanda dengan sewenang-wenang menempatkan beliau di penjara orang kriminal di Pekalongan. Padahal beliau adalah tahanan politik yang seharusnya ditahan di Semarang. Penderitaannya di penjara Pekalongan itulah mengapa, saat KHD mendapat kesempatan dipindahkan ke Semarang lagi, justru KHD tidak bersedia melepas baju tahanannya beserta ikat kepala yang sangat lusuh dan kotor. Meskipun kepala penjara menentang tindakan KHD tersebut, kepala penjara tidak dapat berbuat apa-apa dan membiarkan KHD keluar penjara Pekalongan dengan tetap memakai baju tahanannya.
(Sumber: diolah dari Buku Nyi Hadjar Dewantara karya Bambang Sokawati)
Masih banyak koleksi istimewa di MDKG yang disajikan dalam 6 ruangan dengan tema-tema yang menarik tentunya!Yuk segera kunjungi @museumdewantara! Ada banyak penawaran paket kunjungan (dolanan anak,among siswa,sariswara,wijayabrata, dan permainan aktivitas mandiri) yang bisa dicoba untuk menemukan sensasi kunjungan yang berbeda di museum.
Salam!Museum dihatiku!

Bagikan :

BERITA LAIN Lihat Semua

...
17 Jun 2019

Senin 17 Mei 2019, Kepala DinasKebudayaan DIY Aris Eko Nugroho, S.P., M.M. melakukan penyerahansantunan/bebungah secara simbolis kepada warga yang terdampak KegiatanRekonstruksi dan Revitalisasi Pojok Beteng Lor Wetan Kraton Yogyakarta. Penyerahandisaksik

...
13 Jun 2019

Salam sahabat museumHari ini,hari kamis yang artinya KAMUS alias Kamis Museum. kali ini KAMUS akan membahas tentang koleksi dari Museum Sandi.Yuk simak koleksi apa yang ada di Museum Sandi yang akan kita kupas di KAMUS kesempatan kali ini.Koleksi @museum.

...
13 Jun 2019

Kaledonia Baru,pulau sebesar mrica ditimur benua Australia yang dihuni 220.000 jiwa itusebagian besar penduduknya adalah bersuku Jawa (7000 jiwa). Kedatangan merekaterbagi atas tiga gelombang: gelombang I 1896, gelombang II 1933, gelombang III1970 sebagai

Kontak

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta
Jl. Cendana 11 Yogyakarta 55166
Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945

Newsletter

Selalu dapatkan informasi terbaru dari kami, dengan berlangganan melalui email

Copyright © 2017 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa yogyakarta