« Kembali

seni Tradisional Gejog Lesung

Tanggal : Sabtu, 24 Maret 2018 Dilihat : 2074 kali

GejogLesung “Candra Wirama” Dusun Ngunan unan Srigading,Sanden,Bantul.

 Kesenian Gejog Lesung “ Candra Wirama” Dusun Ngunan unan Desa Srigading merupakan salahsatu kelompok seni tradisional yang masih memiliki dan mampu memberikan spiritdalam menjaga kelestarian seni budaya yang ada di Desa Srigading.

Pada hari Jum’at(23/03/2018) pukul 19.30 Wib,bertempat di pendopo rumah Bapak Suripno kelompokini melakukan latihan rutin dengan di hadiri oleh anggota yang merupakan wargaDusun Ngunan unan yang mayoritas merupakan ibu ibu yang sudah lanjut usia. Darisegi profesi, anggota di kelompok Candra Wirama berprofesi sebagai petani,meskipun begitu semangat di kelompok ini sungguh sangat luar biasa.

Gejog lesung merupakankesenian rakyat yang mengandalkan media lesung sebagai alat penghasil bunyiatau suara iramanya. Lesung biasa terbuat dari bahan kayu yang keras sepertikayu jati,Nangka dll, yang dibuat menyerupai bentuk perahu dan dengan alu atau tongkat tongkat pendek sebagaialat pemukulnya sehingga menghasilkan dentakan dentakan suara yang dijadikansebagai iringan dalam melantunkan lagu lagunya. “Srigading budayane warna warni,Prakawula sak iyek sak eka kapti,Poro pamongtansah budidoyo, Wargane makaryo lestari seni budaoyo” ini merupakanpetikan syair dalam lagu yang dinyanyikan oleh kelompok Candra wirama. Dalamgejog lesung ini terdapat banyak lagu lagu jawa yang bisa dikembangkan dalambentuk tembang yang harmonis.

Menurut AstutiHandayani,S.Pd, selaku Pendamping Seni Budaya Desa Srigading mengungkapkan “Kelompok ini sangat baik dan Dalam waktu 10 bulankedepan kami akan memberikan motivasi dan masukan kepada pelaku seni CandraWirama sehingga kelompok ini nantinya akan semakin berkembang dari segi irama,lagu dan semangatnya”. Dalam rangka melaksanakan Program kegiatan Pengembangandan Pembinaan Desa Budaya yang di adakan oleh Dinas Kebudayaan DIY,  di Desa Srigading di terjunkan Tigapendamping Desa Budaya yang bertujuan untuk ikut meningkatkan kualitasaktifitas suatu budaya yang terdapat di desa tersebut.

“Harapan kami kedepankelompok ini harus  berkembang lebih baikdan ada regenerasi dari para pemuda Dusun Ngunan unan”,begitu dikatakan oleh Fitriyanti selaku Ketua Kelompok Seni Candra Wirama disela sela latihannya. Latihan secara rutin ini merupakan salah satu bentuk Kepedulian terhadap perkembangan senibudaya yang ada di Desa  Srigading. (Mr)

Bagikan :

BERITA LAIN Lihat Semua

12 Des 2018

Orang Jawa itu matematis, semua hal serba dihitung. Dalam bahasa Jawa, petung artinya menghitung. Seperti teori probabilitas (kemungkinan) pada matematika, bukan berarti semuanya mungkin, melainkan semuanya bisa dihitung, bahkan sampai pada tingkatan frak

...
12 Des 2018

Sesuatu yang luar biasa terjadi di Kedewaguruan Mahameru (Gunung Semeru). Awan melingkar menutupi puncaknya. Peristiwa ini disebut caping gunung atau gunung yang bertopi. Konon, pada saat peristiwa itu terjadi, para dewa dan arwah leluhur turun ke bumi.

10 Des 2018

Seperti halnya Lela Ledhung, semacam lagu ’nina bobo'-nya Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, setiap daerah di Indonesia memiliki lagu buaian untuk anak sebelum tidur, ungkap Agus ’Patub’ Budi Nugroho, dengan kekhasan melodi dan bahasa ma

Kontak

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta
Jl. Cendana 11 Yogyakarta 55166
Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945

Newsletter

Selalu dapatkan informasi terbaru dari kami, dengan berlangganan melalui email

Copyright © 2017 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa yogyakarta