« Kembali

"Umbul Donga Kali Belik" Kelrurahan Terban

Tanggal : Rabu, 8 Agustus 2018 Dilihat : 3475 kali

 

Pada tanggal 27 Juli 2018,Kelurahan Terban melaksanakankegiatan Gelar Budaya “Umbul Donga Kali Belik” ,Kelurahan Budaya yang  dilaksanakan di wilayah RW 10 dan 11. UmbulDonga Kali Belik sendiri dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur, sertaharapan agar bisa menjadi salah satu sumber kedamaian, kesuburan, dll.

Rangkaian acara diawali denganprosesi Kirab Banyu Tuk Belik yang membawa kendi  berisikan air dari 7 sumber mata air (sumber mataair Belik Pace – UGM, 3 sumber sumur RW 10, dan 3 sumber sumur RW 11) untukdiserahkan kepada Bapak Camat Gondokusuman, kemudian kendi-kendi tersebut dibawamengikuti Kirab yang berhenti di Kali Belik yang melintasi  RW 10 dan 11, tepatnyaSagan Catur TunggalDepok Sleman untuk  dilaksanakan prosesiLarung Tirta Belik di kali belik tersebut. Kemudiandilanjutkan dengan Kenduri Umbul Donga, Pahargyan Dhahar Kembul Bujono, dan padapuncakacara diselenggarakan juga Pagelaran Wayang Kulit dengan Dalang Ari Gunadi yangdiawali dengan prosesi penyerahan wayang kepada tim monitoring Kelurahan Terbanyaitu Bapak Edy Ismoyo.

Antusias masyarakat pada GelarBudaya “Umbul Donga Kali Belik” yang sudah dilaksanakan ke 2 kalinya ini sangatbaik, semoga pada tahun-tahun mendatang dapat lebih meriah dan mengundang lebihbanyak antusias warga. (Tyas)

Bagikan :

BERITA LAIN Lihat Semua

...
06 Feb 2019

Kegiataan pembinaan desa budaya tahun2018 dibawah naungan Dinas Kebudayaan Provinsi DIY telah terjun di desa budayasejak 1 Februari 2018. Salah satu tugas pendamping adalah mengembangkan potensiunggulan di  bidang kesenian. Program jangkapendek tersebut

19 Des 2018

Sekarang ini, masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya, dan masyarakat lain pada umumnya, dapat dengan mudah mengetahui film dan karya audio visual Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui katalog film online, dengan tautan (link) ht

19 Des 2018

Wayang itu anekatafsir. Jadi, mau dinaskah sesuai dengan keadaan sekarang, sangat memungkinkan. Bukan hanya lakon Pandawa Dadu, melainkan seperti Wiratha Parwa, dan lain-lain, juga bisa, ungkap Ki Edi Suwanda, tokoh pedalangan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kontak

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta
Jl. Cendana 11 Yogyakarta 55166
Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945

Newsletter

Selalu dapatkan informasi terbaru dari kami, dengan berlangganan melalui email

Copyright © 2017 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa yogyakarta