« Kembali

Geliat kesenian Kethoprak Dusun Ceme Srigading

Tanggal : Selasa, 24 Juli 2018 Dilihat : 1622 kali

SRI UNING MUSTIKA TUBAN demikian lakon yangdiambil oleh paguyuban seni kethoprak pedukuhan Ceme,Srigading,Sanden,Bantul,yangakan dipentaskan dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke -73 di pedukuhan 02 Ceme,Srigading,yang rencananya akan digelar pada 18/8/2018.

Pada kesempatan pementasan ini selain bapak dukuh dan ketua Rt,pemainmaupun pengiringnya adalah warga pedukuhan ceme dan saat ini sudah dimulailatihan sejak beberapa waktu lalu dengan sutradara sekaligus penulis naskahHadi suparno yang juga warga pedukuhan Ceme.

Pedukuhan Ceme yang selama ini menyimpan berbagai potensi senidiantaranya jatilan,kethoprak,dan hadroh, diharapkan bisa menambah kekayaan ragamseni budaya di desa Srigading yang merupakan salah satu Desa Budaya dikabupaten Bantul.

Menggeliatnya potensi seni budaya ketoprak yang sekian lama vakum denganfasilitas yang seadanya,semangat warga pedukuhan Ceme patut kita apresiasi.diharapkandengan menggeliatnya paguyuban ketoprak ini juga mampu membawa semangat kerukunandan kebersamaan seluruh warga pedukuhan.

Bagikan :

BERITA LAIN Lihat Semua

12 Des 2018

Orang Jawa itu matematis, semua hal serba dihitung. Dalam bahasa Jawa, petung artinya menghitung. Seperti teori probabilitas (kemungkinan) pada matematika, bukan berarti semuanya mungkin, melainkan semuanya bisa dihitung, bahkan sampai pada tingkatan frak

...
12 Des 2018

Sesuatu yang luar biasa terjadi di Kedewaguruan Mahameru (Gunung Semeru). Awan melingkar menutupi puncaknya. Peristiwa ini disebut caping gunung atau gunung yang bertopi. Konon, pada saat peristiwa itu terjadi, para dewa dan arwah leluhur turun ke bumi.

10 Des 2018

Seperti halnya Lela Ledhung, semacam lagu ’nina bobo'-nya Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, setiap daerah di Indonesia memiliki lagu buaian untuk anak sebelum tidur, ungkap Agus ’Patub’ Budi Nugroho, dengan kekhasan melodi dan bahasa ma

Kontak

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta
Jl. Cendana 11 Yogyakarta 55166
Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945

Newsletter

Selalu dapatkan informasi terbaru dari kami, dengan berlangganan melalui email

Copyright © 2017 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa yogyakarta