« Kembali

KAMUS (KAMIS MUSEUM) : “Patung Budak (Tattoo)” Museum Sandi

Tanggal : Kamis, 13 Juni 2019 Dilihat : 268 kali

Salam sahabat museumHari ini,hari kamis yang artinya KAMUS alias Kamis Museum. kali ini KAMUS akan membahas tentang koleksi dari Museum Sandi.Yuk simak koleksi apa yang ada di Museum Sandi yang akan kita kupas di KAMUS kesempatan kali ini.
Koleksi @museum.sandi yang akan dibahas adalah “Patung Budak (Tattoo)”.Dalam “History of Herodotus” pada abad VI SM.Histiaeus menyampaikan berita berita dari Istana Persia kepada menantunya Aristagoras di Melitus dengan cara menggundul kepala seorang budak yang setia,lalu berita ditulis dengan tatto di atas kulit kepala budak tersebut dan mengirim budak itu ke tempat tujuan setelah rambutnya cukup panjang menutupi tulisan/pesan rahasia tersebut.Sesampai di tempat tujuan,si penerima berita menggundul budak itu untuk membacanya.
Setelah pesan terbaca,pilihan bagi budak itu hanya dua,yakni di penjara seumur hidup atau di bunuh demi menjaga kerahasiaan pesan tersebut.Bagaimana menurut kalian?Kejam kah?Atau wujud pengabdian pada Sang Raja?
Sumber: koleksi Museum Sandi @museum.sandiPhoto by @andrabedy

Bagikan :

BERITA LAIN Lihat Semua

...
11 Sep 2019

Bangunan Pekapalan adalah bangunan-bangunan yang berada di sekitar Alun-alun utara Yogyakarta di seberang jalan jika dilihat darialun-alun, namun berada di depan dinding / pagar kavling bangunan yang ada di sekitar alun-alun tersebut. Terdapat dua pendapa

...
10 Sep 2019

Trimurti, 7/9/2019. Desa Trimurtiadalah salah satu Desa Budaya yang ada di Kabupaten Bantul yang terletak dibagian ujung barat Kabupaten Bantul dan berbatasan langsung dengan KabupatenKulon Progo.Pedukuhan Mangiran adalah salahsatu dari 19 Pedukuhan yang

...
04 Sep 2019

Link download naskah Press release:bit.ly/PressReleaseJHF2019

Kontak

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta
Jl. Cendana 11 Yogyakarta 55166
Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945

Newsletter

Selalu dapatkan informasi terbaru dari kami, dengan berlangganan melalui email

Copyright © 2017 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa yogyakarta