« Kembali

Karawitan Ngesti Budoyo Ngemplak, Srigading

Tanggal : Selasa, 27 Maret 2018 Dilihat : 278 kali

Ngesti Budoyo Ngemplak,Srigading,Sanden ,Bantul

Alunan gending gending jawa terdengarindah beriringan dengan gemercik air hujan yang mengguyur deras di selatan DesaSrigading, tepatnya di Dusun Ngemplak,Srigading. Meskipun hujan mengguyur tapimasih ada  sebagian warga masyarakat  yang tampak semangat dalam mengalunkan gendinggending jawa.

Gending gending sepertiGangsaran, Kagok liwung, Manyar sewu, dan lain lainya dibawakan apik olehbeberapa warga yang mengaku pecinta seni karawitan.

Kelompok Seni Karawitan “Ngesti Budoyo” Srigading pada Senin (26/03) mengadakan gladen karawitan bersama seluruh anggotanya. Kelompok ngestibudoyo ini merupakan kelompok Karawitan senior yang terdapat di Dusun Ngemplak, Desa Srigading, Kecamatan Sanden. Di Dusun tersebut terdapat 4 kelompokkarawitan mulai dari kelompok anak anak,ibu ibu,Bapak bapak pemula dan bapakbapak senior.

Menurut Marno Sudarmo sebagaiketua Kelompok menjelaskan, “bahwa latihantersebut bertujuan untuk pelestarian kebudayaan jawa dalam hal ini seni  karawitan,sekaligus untuk hiburan” kelompok seni Ngesti Budoyo mengadakanlatihan rutin setiap satu bulan sekali pada malam Selasa Legi. Anggotadikelompok ini merupakan gabungan dari beberapa warga di luar Dusun Ngemplak.

Sayaberharap agar pemerintah lebih memperhatikan kelompok kami,dan memberikanfasilitas kepada kelompok ini” katanya saat berdiskusi dengan TimPendamping Desa Budaya Srigading. Sebagai kelompok yang peduli akan budayawajar saja ketika para pelaku seni karawitan ini ingin lebih di perhatikan dandi apresiasi . (Mr)

Bagikan :

BERITA LAIN Lihat Semua

11 Apr 2018

Dulu, anak keturunan selalu diberi ruang/kesempatan untuk mengetahui tedhak sungging-nya (peta diri yang menghubungkan seseorang dengan leluhurnya). Hal ini dilakukan secara bertahap, perlu proses, dan bukan seketika. Orang tua (bapak, eyang/mbah) seri

04 Apr 2018

Para ahli bahasa menyatakan bahwa bahasa Jawa berasal dari bahasa Melayu kuno dan bahasa Jawa kuno (Kawi), kemudian berkembang menjadi bahasa Jawa seperti sekarang. Meskipun demikian, hal ini dipertanyakan Ki Sondong Mandali [Djoko Winarto, 11 Mei 1951

...
02 Apr 2018

Padaera ini, banyak kenakalan remaja yang terjadi sebagai penyimpangan perilakusosial. Tetapi tidak demikian dengan sekumpulan remaja di Dusun Gunting. Pada harisabtu, 31 Maret 2018 menggelar pertunjukkan Rama Shinta , sebagai bentukkegiatan ulang tahun k

Kontak

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta
Jl. Cendana 11 Yogyakarta 55166
Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945

Newsletter

Selalu dapatkan informasi terbaru dari kami, dengan berlangganan melalui email

Copyright © 2017 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa yogyakarta