« Kembali

Caping Gunung

Tanggal : Rabu, 12 Desember 2018 Dilihat : 1855 kali

Sesuatu yang luar biasa terjadi di Kedewaguruan Mahameru (Gunung Semeru). Awan melingkar menutupi puncaknya. Peristiwa ini disebut caping gunung atau gunung yang bertopi.

Konon, pada saat peristiwa itu terjadi, para dewa dan arwah leluhur turun ke bumi. Para beliau penguasa dunia atas, bertemu dengan para penguasa jagad dan dunia bawah, untuk membicarakan nasib peradaban di Nusantara.

Pertemuan di puncak Gunung Mahameru itulah yang ditandai wibawanya dengan payung awan (lihat potret).

Memperbincangkan peristiwa yang dianggap menarik, dari sudut pandang tertentu, perlu ditanggapi dengan bijaksana. Pemahaman terhadap dunia budaya, tentunya akan berbeda artinya bila dijelaskan dari sudut ilmu agama, pengetahuan atau akademis, kemuka Deddy Endarto. Meskipun demikian, mungkin kita bisa menyaksikan peristiwa (menarik) yang lainnya lagi.(hen/ppsf)

 

Bagikan :

BERITA LAIN Lihat Semua

19 Des 2018

Sekarang ini, masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya, dan masyarakat lain pada umumnya, dapat dengan mudah mengetahui film dan karya audio visual Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui katalog film online, dengan tautan (link) ht

19 Des 2018

Wayang itu anekatafsir. Jadi, mau dinaskah sesuai dengan keadaan sekarang, sangat memungkinkan. Bukan hanya lakon Pandawa Dadu, melainkan seperti Wiratha Parwa, dan lain-lain, juga bisa, ungkap Ki Edi Suwanda, tokoh pedalangan Daerah Istimewa Yogyakarta.

12 Des 2018

Orang Jawa itu matematis, semua hal serba dihitung. Dalam bahasa Jawa, petung artinya menghitung. Seperti teori probabilitas (kemungkinan) pada matematika, bukan berarti semuanya mungkin, melainkan semuanya bisa dihitung, bahkan sampai pada tingkatan fra

Kontak

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta
Jl. Cendana 11 Yogyakarta 55166
Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945

Newsletter

Selalu dapatkan informasi terbaru dari kami, dengan berlangganan melalui email

Copyright © 2017 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa yogyakarta