« Kembali

SELEKSI LAWATAN SEJARAH TINGKAT REGIONAL

Tanggal : Kamis, 20 Juni 2019 Dilihat : 605 kali

Setelah memilih peserta yang mewakili DIY melalui Kegiatan Seleksi Lawatan Sejarah (6 April - 2 Mei 2019), kini Dinas Kebudayaan DIY mendampingi para peserta untuk mengikuti Seleksi Lawatan di tingkat Regional.

Seleksi Lawatan Sejarah tingkat regional dilaksanakan tanggal 18-21 Juni 2019 di UTC Hotel, Jalan Kelud Raya No. 2, Semarang. Acara ini diikuti oleh 105 orang (siswa SMA sederajat dan Guru MGMP). Para peserta ini merupakan hasil seleksi di tingkat provinsi yaitu DIY, Jateng, Jatim. Masing-masing Provinci mengirimkan 27 siswa SMA se-derajat, 5 Guru, dan 3 Pendamping.

Tema kegiatan ini adalah Generasi Penerus Merajut Simpul-simpul Keindonesiaan. Adapun Narasumber lawatan sejarah daerah ini adalah Uji Nugroho W., M. Hum. dan Dr. Abdul Wahid yang merupakan akademisi dari Universitas Gadjah Mada.

Sistem seleksi pada kegiatan ini adalah melalui tahap pre test, pembekalan, post test, dan penilaian karya tulis yang dibuat oleh peserta.

Selain itu salah satu acara dalam kegiatan ini adalah mengunjungi obyek bersejarah. Pada kesempatan kali ini tempat yang dikunjungi adalah Museum Mandala Bakti, Lawang Sewu, Kelenteng Sam Poo Kong, Monumen Palagan Ambarawa, dan Gereja Mblenduk Semarang. Acara ini adalah salah satu upaya untuk menanamkan nilai-nilai sejarah tersebut kepada generasi muda.

Pemenang nantinya berhak mewakili wilayahnya untuk maju ke Lawatan Sejarah Nasional yang akan diselenggarakan oleh Direktorat Sejarah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayan RI di Medan, Sumatera Utara.

Salam Budaya. Lestari Budayaku.

Bagikan :

BERITA LAIN Lihat Semua

22 Jul 2019

  Desa budaya bisa memberi kesan yang kuat terhadap khalayak, mengenai keunggulan atau ciri khas masing-masing. Ini hal penting yang harus diperhatikan, ungkap Bryan Wildan Asahara, S.T. Dengan demikian, desa punya kiat sendiri-sendiri untuk mengenalkan

...
22 Jul 2019

JOGJA ISTIMEWA SELASA WAGEN"Selasa Wage itu tidak sekadar kosong orang jualan, tapi bagaimana juga ada performance. Bahwa Jogja itu setiap hari ada aktivitas budaya," ujar Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X saat meninjau kawasan Malioboro Selasa (

...
21 Jul 2019

Tahun ini International SETI Conference #04 2019 akan bekerja sama dengan Lembaga Indonesia Prancis, IFI - LIP, Kedutaan Besar Perancis,  serta dengan Program Doktor Kajian Budaya (S3), Kajian Seni dan Masyarakat, Universitas Sanata Dharma (USD), Yogyaka

Kontak

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta
Jl. Cendana 11 Yogyakarta 55166
Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945

Newsletter

Selalu dapatkan informasi terbaru dari kami, dengan berlangganan melalui email

Copyright © 2017 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa yogyakarta