« Kembali

Lelangen Beksan Rama Narpati

Kategori : Pakualaman| Tari
Tanggal : 29 Jul 2016 Dilihat : 44288 kali

Mengisahkan pengangkatan Prabu Ramawijaya sebagai raja di wilayah Ngawangga di bawah kepemimpinan raja kera Sugriwa. diawali perjalanan Rama dan adiknya Lesmana dalam mencari istrinya dewi Sinta yang telah hilang diculik oleh Rahwana, bertemu dengan Hanoman. Hanoman yang sedang menjalankan tugas dari perintah raja Sugriwa yaitu untuk mendapatkan seorang satriya sakti yang dapat membantu mengalahkan musuhnya yaitu raja kera Subali.

Prabu Ramawijaya dapat menunjukan kebolehan dan kesaktiannya melalui persyaratan yang dibutuhkan oleh raja Sugriwa yaitu dapat menebas pohon berjumlah tujuh dalah satu kali bidikan. Dengan restu para dewa, Ramawijaya dapat memperlihatkan kesaktiannya, maka persyaratan yang diberikan oleh raja kera Sugriwa dapat terpenuhi Sehingga ketika Hanoman mempertemukan Ramawijaya denga kera sugriwa, sugriwa tidak meragukan bahwa yakni seorang satriya yang sedang dicari dan sekaligus dijadikan sebagai rajanya.

Akhirnya dengan restu dewa, Ramawijaya dinobatkan sebagai Prabu Ramawijaya di kerajaan Poncowati. Kisah selanjutnya dengan dibantu oleh para kera Ramawijaya dapat menemukan kembali istiranya yaitu dewi Sinta. 

ARTIKEL LAIN Lihat Semua

20 Mar 2018

Dulu, saya punya dua kawan istimewa. Yang satu, Pak Habib Bari, ahli bahasa Jawa. Sedangkan yang satu lagi, Mas Sunarman, yang bekerja sebagai satpam, punya pekerjaan tambahan sebagai pranatacara. Seingat saya, waktu itu saya belum menikah, baru taha

08 Jun 2017

YOGYA, KRJOGJA.Com – Raja sekaligus Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwana X mengaku sempat bingung ketika diminta untuk berbicara bahasa Jawa Ngoko. Hal itu terjadi saat memberi sambutan dalam acara ‘Dinner & Dialog with Sri Sultan HB X’ dalam

Kontak

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta
Jl. Cendana 11 Yogyakarta 55166
Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945

Newsletter

Selalu dapatkan informasi terbaru dari kami, dengan berlangganan melalui email

Copyright © 2017 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa yogyakarta