« Kembali

Sultan HB X Berbicara Ngoko, Ini Reaksi Peserta Javanese Diaspora

Kategori : Lainya
Tanggal : 08 Jun 2017 Dilihat : 10975 kali

YOGYA, KRJOGJA.Com – Raja sekaligus Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwana X mengaku sempat bingung ketika diminta untuk berbicara bahasa Jawa Ngoko. Hal itu terjadi saat memberi sambutan dalam acara ‘Dinner & Dialog with Sri Sultan HB X’ dalam rangka Javanese Diaspora 3 yang berlangsung di Pagelaran Kraton Yogyakarta, Sabtu (22/04/2017).

“Sebenere aku bingung arep ngomong ngoko,” kata Sultan HB X yang langsung disambut gelak tawa hadirin yang sebagian besar merupakan keturuanan Jawa yang berasal dari 10 negara di dunia. Bahasa Jawa Ngoko dipilih karena sebagian peserta keturunan Jawa yang tinggal di luar negeri hanya mengerti Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa.

Dalam dialog tersebut Sultan HB X berpesan tentang pentingnya menjaga komunikasi. Ia sendiri dalam rangka nguri-nguri budaya Jawa , secara aktif telah mengunjungi negara-negara yang terdapat banyak orang Jawa dengan semangat kebudayaannya. Misalnya melakukan kunjungan ke Suriname, Macedonia Baru dan pada bulan mendatang Sri Sultan akan berkunjung ke Jawa Tondano.

“Sedulur-sedulur teko ana ning tlatah Jogja tur ketemu karo aku, nek wis pada bali ana ing papane dewe-dewe tetap ana terusane nggone mbangun hubungan paseduluran supaya tetep sambung lan ora cuntes mergo didasari komitmen anggone nindaake supayo budayo jowo tetep biso dilakoni.

(Saudara-saudara datang ke Jogja terus ketemu dengan saya, kalau sudah pulang di daerah masing-masing  tetap ada kelanjutannya untuk membangun hubungan persaudaraan agar saling terhubung serta tidak putus. Karena didasari komitmen agar budaya Jawa bisa terus lestari), ” Papar Sri Sultan dalam sambutannya.

ARTIKEL LAIN Lihat Semua

20 Mar 2018

Dulu, saya punya dua kawan istimewa. Yang satu, Pak Habib Bari, ahli bahasa Jawa. Sedangkan yang satu lagi, Mas Sunarman, yang bekerja sebagai satpam, punya pekerjaan tambahan sebagai pranatacara. Seingat saya, waktu itu saya belum menikah, baru taha

06 Feb 2017

.

Kontak

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta
Jl. Cendana 11 Yogyakarta 55166
Telp. (0274) 562628 Fax. (0274) 564945

Newsletter

Selalu dapatkan informasi terbaru dari kami, dengan berlangganan melalui email

Copyright © 2017 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa yogyakarta